Al-Qur'an as a Guide so listen it

Jumat, 19 Desember 2008

Islamic Economic

Ekonomi Islam kan jadi solusi yang tepat....
Dekade ini boleh jadi periode keemasan bagi ekonomi syariah, terutama di Indonesia. Sejak tahun 2000 silam tak kurang 50 lembaga ekonomi berbasis syariah tumbuh dengan suburnya.

Ekonomi berbasis syariah memang sedang tren di berbagai negara, terutama di negara yang dianggap “kafir” seperti Amerika dan Eropa. Lucunya, sebagai bangsa dengan jumlah umat Muslim terbesar di dunia, Indonesia malah kurang antusias menyambut sistem ekonomi syariah ini.

Wajar memang kalau syariah kemudian jadi booming. Gejala penurunan suku bunga menyebabkan para pemodal memindahkan dananya ke sektor riil yang lebih produktif. Bisa dilakukan dengan investasi di dalam saham, tetapi resikonya relatif tinggi. Syariah mirip dengan ini tetapi punya upside yang lebih baik.

Dalam sistem konvensional, ada yang disebut transfer of risk, di mana resiko yang semula ditanggung klien “dipindahkan” kepada perusahaan (bank). Sementara di syariah, resiko-resiko tadi dibagi (sharing of risk) dengan porsi tertentu yang disepakati bersama (nisbah). Resiko tetap ada, tetapi dengan analisis kredit yang prudent serta pilihan investasi hanya ke dalam sektor yang betul-betul produktif, resiko apapun bisa ditekan seminimal mungkin

Bersama bpk. Syafi'i Antonio... dalam acara MES( Masyarakat Ekonomi Syariah ) di Palembang


Barangkali memang syariah adalah bentuk ilmu ekonomi yang “pure“. Syariah membangun pola ekonomi yang berkeadilan. Sistem syariah memang mencari keuntungan tetapi juga membagi resiko. Kalau diterapkan dengan benar, output yang dihasilkan adalah sebuah system tata ekonomi yang baik dan beretika. Karena di dalamnya terdapat unsur ridho (tanpa paksaan), adil, serta etika

2 komentar:

bukan malaikat mengatakan...

iy bnr bgt tu org indonesiany yg g mau.. kmren wkt diskusi agama ttg eknomi islam, kebetulan kelmpk yuli, malah ad yg kmentar bhwa eknomi islam g mungkn dilaksanakan d indonesia.. mmg dy bkn dr jur eknmi, pi in membuktikan bhwa bnyk org2 yg g ngerti n g mau ngerti tentg islam n eknomi islam.. perlu adny pemahaman kepda golongan2 yg seperti in. agr eknmi islam bisa b'kmbg dgn pesat d indonesia.

Unknown mengatakan...

hm... hidup ekonomi Islam... Alhamdulillah kt bertanggung jawab atas tegaknya ekonomi iSlam di Kampus kita khususnya... hidup ekonomi ISlam!!!

Times is Amal